Saturday, August 20, 2011

SURVEY PELABUHAN PERIKANAN part II

Kegiatan yang dilakukan pada bulan Oktober 2010 ini merupakan salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang "Sistem Otomasi Penerbitan SHTI dan PNAI serta Survey Nasional Pelabuhan Perikanan untuk Mendukung Implementasi Program Nasional Minapolitan T.A 2010". Wilayah yang menjadi Obejek survey kali ini meliputi daerah Jakarta, Bekasi dan Karawang.

BEKASI
Pelabuhan perikanan di Kabupaten Bekasi pada mulanya ada lima tempat, yaitu TPI Paljaya, TPI Pondok Dua, TPI Muara Bendera, TPI Muara Bungin dan TPI Muara Jaya. Namun seiring berjalan nya waktu eksistensi beberapa TPI tersebut sudah tidak ada. Hal ini dikarenakan adanya abrasi yang melanda di beberapa kawasan tersebut. Sehingga hanya tersisa TPI Paljaya yang masih aktif dan berdiri. Tetapi di beberapa lokasi masih dijumpai keberadaan nelayan lokal...

TPI Paljaya...lokasi TPI tersebut dapat di akses melalui dua jalur, yang pertama melewati Cilincing-Marunda ke arah timur menuju PLTGU Muara Tawar dan yang kedua dapat melalui akses jalan perumahan Harapan Indah Bekasi kemudian menuju utara ke arah PLTGU Muara Tawar.



TPI Pondok Dua... keberadaan TPI ini sudah tidak ada lagi, hal ini dikarenakan menurut sumber informasi letaka atau jarak TPI menuju muara sungai cukup jauh sehingga perahu-perahu nelayan sangat sulit mendaratkan ikan hasil tangkapan di lokasi ini. Sehingga akibat tidak ada nya ikan yang didaratkan maka kegiatan pelelangan pun akhirnya mati. Secara fisik bangunan bekas TPI masih ada, namun sekarang diperuntukkan sebagai tempat sarang burung walet.


TPI Muara Jaya... di daerah ini masih dijumpai beebrapa nelayan, namun bangunan fisik pelabuhan perikanan di lokasi ini sudah tidak dapat dijumpai sama sekali bahkan puing-puing yang mengindikasikan sisa dari bangunan nya sudah tidak ada (sumber foto : Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan, Kab.Bekasi).


TPI Muara Bungin... Keberadaan TPI ini sudah tidak dapat ditemukan lagi, yang tersisa hanyalah puing-puing reruntuhan sisa bangunan nya saja. Hal ini dikarenakan adanya tingkat abrasi yang cukup tinggi (sumber foto : Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan, Kab.Bekasi)


TPI Muara Bendera... sama hal nya dengan muara bungin, keberadaan TPI ini di lokasi sudah tidak dapat ditemukan lagi. Namun masih terlihat beberapa kegiatan nelayan (sumber foto : Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan, Kab.Bekasi)



BERSAMBUNG...........................................................                  Lanjut ke part III 



No comments:

Post a Comment