Friday, August 19, 2011

SURVEY PELABUHAN PERIKANAN part I

Kegiatan yang dilakukan pada bulan Oktober 2010 ini merupakan salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang "Sistem Otomasi Penerbitan SHTI dan PNAI serta Survey Nasional Pelabuhan Perikanan untuk Mendukung Implementasi Program Nasional Minapolitan T.A 2010". Wilayah yang menjadi Obejek survey kali ini meliputi daerah Jakarta, Bekasi dan Karawang. 

JAKARTA
untuk wilayah jakarta terdapat beberapa pelabuhan perikanan, diantaranya adalah TPI Cilincing, TPI Kali Baru, PPS Muara Baru (Nizam Zachman), TPI Muara Angke, TPI Kamal Muara dan PPI Pulau Peramuka.

TPI Cilincing...merupakan TPI yang terletak di sebelah paling timur Jakarta, berbatasan dengan Bekasi.








TPI Kali Baru... TPI ini berjarak sekitar kurang lebih 2-3 Km ke arah barat dari TPI Cilincing. Masih terletak di wilayah Cilincing namun berbeda kelurahan dengan TPI Cilincing.


























PPS Muara Baru (Nizam Zachman)... Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta merupakan Unit Pelaksana Teknis Departemen Kelautan dan Perikanan yang berada di bawah dan bertangggung jawab kepada Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. Pelabuhan Perikanan Samudera Jakarta (PPSJ) diresmikan pada tanggal 17 Juli 1984




























 



TPI Muara Angke... merupakan salah satu TPI terbesar di Jakarta yang berlokasi tepatnya di Pluit, Jakarta Utara. TPI di Muara Angke merupakan sarana pemasaran ikan hasil tangkapan anggota koperasi. Lokasi ini juga menjadi sarana pertemuan nelayan sebagai produsen dengan para pedagang ikan sebagai pembeli. Tempat pelelangan ini beroperasi melalui kerja sama dengan unit pelayanan teknis Dinas Perikanan DKI Jaya.



























Disekitar kawasan Muara Angke sebenarnya terdapat suatu tempat yang berfungsi sebagai tempat pendaratan ikan yaitu Kali Adem. Menurut sumber informasi dahulu tempat tersebut merupakan pangkalan pendaratan ikan, namun saat ini semua kegiatan di alihkan di TPI muara angke. Sehingga saat ini keberadaan daerah Kali Adem hanya sebagai tempat bersandar kapal/perahu saja...




TPI Kamal Muara... merupakan tempat pelelangan ikan yang terletak paling barat di daerah Jakarta.






















PPI Pulau Pramuka... 












BERSAMBUNG.......................................................                                   Lanjut ke part II








No comments:

Post a Comment